Tuesday, September 25, 2007

Kantor PBB - Hari Pertama

Keberadaanku di NY adalah untuk mengikuti program fellowship yang diselenggarakan oleh United Nations atas dukungan Nippon Fa=oundation Jepang. Program ini berlangsung selama sembilan bulan yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Wollongong, Australia (6 bulan) dan di Kantor PBB New York (3 bulan). Kedatangan hari ini ke kantor PBB adalah untuk pertama kalinya untuk bertemu dengan program adviser, Francois Bailet seorang lelaki berkebangsaan Kanada.

Kantorku berada di Two United Nations Plaza di 44th Street, Manhattan antara 1st Avenue dan 2nd Avenue, berseberangan dengan Markas Besar PBB di 1st Avenue. Alamatnya di Google Maps bisa diliat di sini.

Hari ini New York memang sangat sibuk, pasalnya Sidang Umum PBB sedang berlangsung. Kepala negara dari seluruh dunia beserta rombongannya tumpah ruah di New York. SBY hari itu juga ada di NY dan siang itu bahkan sedang menyampaikan pidatonya di salah satu sesi sidang PBB. Sementara itu, staff kepresidenan kebanyakan berada di Hotel Millennium yang kebetulan bersebelahan dengan Two UN Plaza. Sempat juga ngobrol dengan beberapa staf rumah tangga kepresidenan sambil menunggu waktu bertemu Francois yang dijanjikan jam 11 pagi. Tanpa sengaja, bertemu juga seorang kolega dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda yaitu Pak Amrih Jinangkung yang sedang menemani Pak Dubes di acara sidang PBB.

Jam 11 lebih sedikit Francois yang berkantor di lantai 4 turun menemuiku yang tertahan di kantor sekuriti. Memang pengamanan di gedung PBB sangat ketat, lebih-lebih saat itu sedang berlangsung sidang PBB. Francois yang harus menjemput tamunya karena aku tidak bisa menemuinya tanpa ID United Nations. Pertemuan pertama itu diisi dengan briefing tentang fellowship dan apa yang harus dilakukan selama 3 bulan di kantor PBB. Sampan Panjarat, seorang kawan dari Thailand yang juga mengikuti program ini mambantuku mengurus kartu identitas di Sekretariat PBB.

No comments: