Thursday, September 27, 2007

NYPD dan Snippers

Salah satu hal menarik berada di NY bulan September adalah bisa menikmati suasana Sidang Umum PBB. Bukan negosiasinya yang kadang alot yang menarik tetapi suasana kota yang sangat waspada. Kalau berjalan dari Grand Central menuju UN Plaza di 44 street maka suasana waspada akan sangat terasa. New York Police Department (NYPD) menguasai jalan dengan berbagai atributnya. Setiap orang polisi bersenjata super lengkap tergantung di pinggangnya. Pasukan anjing pelacak berkeliaran dan mobil besar dan kecil bertulisan NYPD nagkring di sepanjang tepi jalan di sekitar gedung PBB. Suasana seperti ini sebelumnya hanya aku nikmati di film-film Hollywood. Jadi Ingat Keanu Reeves di Speed dan Will Smith di Men in Black :)

Jika ada kendaraan lewat, baik itu delegasi maupun kendaran lain yang terkait sidang, polisi melakukan pemeriksaan sangat ketat dibantu anjing pelacak. Kalau ada orang yang melewati 44 street tanpa ID tergantung di dadanya, satu atau dua polisi akan mendekati dan menyapa dengan dingin "May I see your ID, Sir [atau Maam]?", begitu sapa mereka. Jika orang tersebut tidak menunjukkan ID maka jangan harap bisa melintas.

Di depan UN Plaza dan Sekretariat PBB, para secret service berkeliaran. Menggunakan jas biru tua dengan alat komunikasi di telinganya sangat khas. Tinggi besar tegap, begitu ciri mereka. Kawan saya berkelakar, They are no longer secret service, as we can see the wrinkle thing at their necks" :) Memang bukan rahasia lagi kalau ratusan secret service dikerahkan untuk pengamanan sidang umum PBB, apalagi ketika Bush datang menyampaikan pidatonya.

Kalau melirik ke atas di gedung-gedung tinggi, belasan snippers bertengger di tempat-tempat strategis dan siap beraksi. Suasana memang cukup mencekam, persis seperti dikisahkan di film-film Hollywood. Tidak mau kehilangan momen seperti ini, aku menyempatkan diri berfoto bersama polisi NYPD termasuk merekam beberapa peristiwa penting dan unik yang dilihat.

Silahkan baca juga cerita lain mengenai suasana di New York saat ini.

No comments: